Home Balikpapan Masuk Nominasi Abdi Bhakti Tani 2023, Disbun Kaltim Maksimalkan Pelayanan Publik

Masuk Nominasi Abdi Bhakti Tani 2023, Disbun Kaltim Maksimalkan Pelayanan Publik

KORANSERUYA.COM – Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Timur masuk nominasi penerima Abdi Bhakti Tani 2023 gagasan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Penilaian tersebut berlangsung di Auditorium Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian (PSEKP), Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/06) siang.

“Disbun telah memberikan pelayanan publik dengan baik, sehingga dinilai berhak masuk sebagai nominator penerima penghargaan Abdi Bhakti Tani Tahun 2023,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Timur, Ahmad Muzakkir.

Digelar dua tahun sekali, kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik di bidang pertanian.

Penjaringan peserta lomba telah berlangsung sejak awal tahun 2023.

Pesertanya terdiri dari Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di lingkungan Kementerian Pertanian tingkat provinsi, kab/kota se Indonesia. Dengan tim juri yang berasal dari berbagai lembaga.

Topik wawancara membahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan pelayanan publik di masing-masing wilayah kerja UKPP.

Beberapa pemenang dengan kategori Unit Pelayanan Publik Berprestasi Percontohan akan diberikan penghargaan piala Abdi Bhakti Tani, Unit Pelayanan Publik Berprestasi Utama mendapat plakat Abdi Bhakti Tani, serta Unit Pelayanan Publik Berprestasi Madya akan diberi piagam Abdi Bhakti Tani yang akan diumumkan saat upacara peringatan HUT RI ke 78 tahun 2023.

“Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI,” ucap Ahmad Muzakkir.

Ahmad Muzakkir menyampaikan, saat ini pihaknya berupaya memaksimalkan layanan publik. Begitu pula dengan pengawasan kinerja pembangunan perkebunan di lapangan. Dengan mengembangkan berbagai inovasi pendukung layanan publik.

“Ini untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya di wilayah Kaltim,” ujarnya. (Hms/*)