Home Headline News Puskesmas Bonles Kembali Sambangi Pulau Selangan Untuk Beri Pelayanan Kesehatan

Puskesmas Bonles Kembali Sambangi Pulau Selangan Untuk Beri Pelayanan Kesehatan

Puskemas Bonles mengadakan Pelayanan Kesehatan rutin di Pulau Selangan. (aset: seruya)

KALTIMKORANSERUYA – Puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Bontang Lestari (Bonles) kembali menyambangi Pulau Selangan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan, Rabu pagi (4/9/2024).

Pelayanan kesehatan itu merupakan pemeriksaan rutin yang sudah dijadwal sekali sebulan atau dikenal dengan Pusling (Puskesmas Keliling).

Disebut dengan puskesmas keliling, sebab pelayanan kesehatan yang digelar dibeberapa titik membuat nakes perlu berkeliling.

Penanggungjawab Pusling, Vefrianti Anjelina mengatakan terdapat beberapa jenis pelayanan yang diberikan kepada warga Selangan dengan tersebar dibeberapa titik lokasi.

“Mulai dari pelayanan umum, pelayanan balita, pelayanan dan penyuluhan Keluarga Berencana, Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), Usaha Kesehatan Siswa (UKS), Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS),” ucapnya.

Ia menambahkan, tujuan Pusling untuk memudahkan masyarakat daerah pesisir yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Bonles dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Program Pusling memanfaatkan Posyandu Pulau Selangan untuk melaksanakan Kelas Ibu Balita, di kelas itu, para ibu-ibu dan anak diajarkan tentang pentingnya makanan sehat bagi kesehatan Ibu dan Balita.

Para nakes juga melakukan kegiatan Penjaringan Anak Sekolah, yakni proses skrining kepada siswa untuk mengidentifikasi penyakit tidak menular, Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) untuk mencegah kecacingan pada anak.

Vefrianti berharap Program Pusling ini dapat membantu masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan yang layak, serta menyadarkan masyarakat terkhusus didaerah pesisir tentang pentingnya kesehatan.

“Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat pesisir dan semoga masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan,” pungkasnya. (adv)