Home Headline News Bawa Rombongan Pelajar ke Perpustakaan RI, DPK Kaltim Tambah Beri Kesempatan Pelajar...

Bawa Rombongan Pelajar ke Perpustakaan RI, DPK Kaltim Tambah Beri Kesempatan Pelajar Belajar Literasi

Foto bersama rombongan wisata literasi di Perpustakaan Nasional.

KALTIMKORANSERUYA.COM – Rombongan wisata literasi sebanyak 60 orang yang dibawa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) benar-benar menikmati suasana di Perpustakaan Nasional RI.

Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin pada kesempatan itu berharap agar wisata literasi ini mampu menciptakan dan menambah wawasan luas bagi para rombongan.

Selain itu, semakin luas dan memotivasi peserta lainnya yang belum meraih prestasi supaya lebih meningkatkan kemampuannya.

“Semoga wisata literasi ini bisa terus dilaksanakan kedepannya,” ucapnya, Kamis (10/11/2022).

“Tujuan diadakannya wisata ini kan untuk memotivasi peserta agar menggali wawasan literasinya lebih luas lagi, akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas SDM Kaltim,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Agus Sutoyo dengan detail menjelaskan fungsi serta keberadaan Perpustakaan Nasional tertinggi di dunia itu.

Disebutkannya, pengunjung yang berkunjung diberikan kebebasan bahkan gratis untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada. “Namun kesemuanya untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung,” paparnya.

Terpisah, para pelajar yang menyaksikan audio visual yang disajikan oleh Perpustakaan Nasional RI tampak sangat antusias. Seperti halnya yang diungkapkan pelajar SD 2 YPK Bontang, bernama Bramantyo. Menurutnya, wisata literasi ini sangat luar biasa.

“Memang luar biasa, semua lengkap dan mengasyikan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Bramantyo mengungkapkan bahwa Perpustakaan Nasional membuatnya tambah semangat untuk menggali literasi agar bisa menjadi duta Kaltim di Lomba Bertutur Nasional.

”Sayang belum ada lomba bertutur nasional,” kata Bram yang menjadi juara pertama di lomba literasi Kaltim bercerita tentang Suku Basab. (ADV/DISKOMINFOKALTIM)